Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kamis, 17 Maret 2011

PROGRAM SUKSES UN MAN PADANG JAPANG

PROGRAM
SUKSES UJIAN MADRADRASAH DAN
UJIAN NASIONAL




MAN PADANG JAPANG





KEMENTERIAN AGAMA RI
KABUPATEN LIMA PULUH KOTA


TAHUN 2011

KATA PENGANTAR


Puji syukur kita aturkan kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua, dan shalawat beserta salam kita sampaikan untuk junjungan alam Nabi Muhammad saw, yang telah mewariskan ajaran yang benar lagi hak, demi keselamatan kita di dunia dalam rangka persiapan kehidupan akhirat yang kekal dan abadi.
Dalam rangka menghadapi dan mensukseskan Ujian Madrasah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011 dan untuk meningkatkan kualitas lulusan bagi siswa kita, perlu dilakukan persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi kita akan mengadakan bermacam-macam program yang disebut dengan Program Sukses Ujian Madrasah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011. Untuk terlaksananya program tersebut kami mohon bantuan seluruh aparat Madrasah, siswa dan orang tua/wali murid.
Kami juga menyadari, bahwa dalam program sukses Ujian Nasional ini masih bersifat sederhana dan serba keterbatasan, untuk itu kami mengharapkan sumbang saran serta kritikan yang membangun dari segala pihak yang berkompeten, dalam upaya kesempurnaannya untuk masa yang akan datang, serta hasil yang lebih baik.
Akhirnya, kami aturkan terima kasih.

Padang Japang, 28 Januari 2011
Kepala sekolah


DRS.H. YUSRIAL
NIP: 19600325 198703 1 001

















BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
MAN Padang Japang adalah satu-satunya Madrasah Negeri di Kabupaten Lima Puluh Kota, sementara dari keadaan in put yang rendah, penguasaan materi masih rendah, kurangnya kepedulian siswa tersebut untuk menghadapi Ujian, yang disebabkan oleh banyak faktor, antara lain (sarana hiburan yang tidak terkendali, factor teknologi yang tidak terkelola secara baik, perhatian orang tua, perhatian masyarakat, kepedulian masyarakat secara bersama / serentak masih rendah ).
Menyikapi hal diatas, proses pembelajaran dari peserta didik kita, harus ditingkatkan baik dari segi kwalitas maupun dari segi kwantitas. Dari segi kwalitas dapat ditingkatkan dengan cara memperluas, memperdalam dan mengembangkan materi ajar, sedangkan dari segi kwantitas bisa kita tingkatkan dengan menambah jam tatap muka siswa khususnya bagi siswa KlsXII yang tidak berapa lama lagi akan menghadapi Ujian Madrasah dan Ujian Nasional Tahun 2011.
Penambahan jam tatap muka dapat dilaksanakan dengan belajar tambahan pagi dan sore diluar jam belajar wajib, dengan melaksanakan Program Remedial dalam upaya peningkatan ketuntasan / penguasaan materi bagi siswa.

B. Landasan
1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional.
2. Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Permen Diknas RI No. 45 tahun 2010 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2010/2011
4. Permen Diknas RI .No. 46 Tahun 2010 tentang Ujian Nasional
5. Keputusan BSNP No. 0148/SK-POS/BSNP/I/2011 tentang Prosedur Operasional Ujian Nasional Tahun 2011
6. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. Dj.I/60/2011 tentang Ketentuan Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2010/2011
7. POS UAMBN
8. POS Ujian Madrasah

C. Sifat
Program Sukses Ujian Nasional Tahun 2011 adalah merupakan kegiatan belajar intra kurikuler yang dilaksanakan pada pagi dan sore sebagai tambahan jam pelajaran. Kegiatan Belajar tambahan ini meliputi beberapa kegiatan antara lain : Try Out Soal-soal UN sebelumnya, analisis menentukan tingkat kesulitan Kompetensi Dasar dan Indikator UN sebelumnya, analisis SKL UN 2011. Pembuatan Soal-soal yang dianggap sulit, analisa Ujian Madrasah mata pelajaran yang di UN-kan dan pembahasannya.

D. Tujuan
Program Sukses Ujian Nasional 2011 dilaksanakan bertujuan untuk :
1. Memberi motivasi dan kesiapan diri dan mental kepada siswa kelas XII, sebagai calon peserta Ujian Nasional 2011
2. Membekali siswa dengan berbagai materi pelajaran agar siap menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2010/2011
3. Mentargetkan agar siswa dapat lulus dengan nilai yang baik dan dpat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi




BAB II
WAKTU, TEMPAT DAN PESERTA

A. Waktu
Kegiatan Program Sukses Ujian Madrasah dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011 mulai dilakukan dari bulan Desember 2010 sampai dengan bulan Mei 2011.

B. Tempat
Pelaksanaan Program Sukses Ujian Nasional tahun 2011 bertempat di MAN Padang Japang Kabupaten Lima Puluh Kota.

C. Peserta
Program kegiatan Sukses Ujian Nasional Tahun 2010/2011, diikuti oleh siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2010 / 2011 Man Padang Japang, yang merupakan calon peserta Ujian Nasional tahun 2011, jumlah peserta, sebagai berikut

Jurusan Jumlah
IPS 49 orang
IPA 37 orang
Jumlah 86 orang

BAB III
PENUTUP
Demikianlah Program Sukses Ujian Madrasah dan Ujian Nasional ini kami buat dengan harapan kerjasama semua pihak dalam menyukseskan program ini .

Padang Japang, 28 Januari 2011
Kepala Man Padang Japang



DRS. H. YUSRIAL
NIP : 19600325 198703 1 001

1 komentar:

  1. Ass.WW. Pak H. Yusrial. Saya adalah siswa MAN Padang Japang saat masih bernama MAAIN angkat 1972 atau empat tahun setelah didirkan 1968.Kala itu masih menumpang di DFA. Saya seangkatan dengan Adiputera. Kami merindukan adanya pertemuan alumni DFA/MAN yang mungkin sudah pada tua dan menyebar di mana-mana.Saya sudah bicara sama Adiputera dan Asma Kasim soal reuni itu. Bapak bisa minta No. HP saya sama Adiputera. Kalau Bapak berkenaan reuni itu bisa mengangkat nama MAN tertua di Sumatera Barat ini. Mungkin banyak hal bisa kita sumbangkan untuk MAN dan masyarakat di sekitarnya. Sebagai wartawan nasional saya bangga sebagai alumni di Puncak Bakuang itu. Mohon kabar selanjutnya. Terimakasih
    Wassalam.

    BalasHapus